Search

Ini Deretan Saham yang 'Kebal' dari Risiko Corona Pekan Lalu - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepanjang pekan lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 7,3% ke level 5.452,7 mengikuti kekhawatiran global akibat kian masifnya penyebaran virus corona ke berbagai negara termasuk Amerika Serikat (AS). Namun 10 saham ini "kebal" dari "batuk-batuk" di bursa global sepekan lalu.

Di tengah kondisi suram tersebut, beberapa saham mencatatkan kinerja positif, seolah menafikan situasi pasar yang tak pasti tersebut. Mayoritas di antara saham yang mencatatkan keuntungan transaksi terbesar (top gainers) tersebut memiliki keunggulan komparatif yang unik.

Berikut ini daftar sepuluh saham yang merajai bursa nasional dalam hal peningkatan harga sepanjang pekan lalu yang diulas Tim Riset CNBC Indonesia.

Pertama adalah saham PT Dewata Freight International Tbk (DEAL) yang mencatatkan penguatan sebesar 29,2% atau setara 45 poin per saham. Emiten pengiriman barang ini telah meneken enam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) proyek logistik.

Sektor pengiriman barang memang sedang mendapat berkah berkat booming e-commerce. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) memperkirakan pertumbuhan bisnis logistik di Tanah Air bisa mencapai lebih dari 30% pada 2020.

Bila dihitung secara perinci, estimasi pertumbuhan sektor ini secara menyeluruh setidaknya bisa mencapai Rp 40 triliun. Harap dicatat, Indonesia merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara bagi para pemain e-commerce.

Saham kedua adalah PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) yang tahun lalu melakukan pemecahan nilai nominal saham (stock split). Aksi korporasi ini menjadi nilai lebih CARS karena sahamnya kian terjangkau bagi investor ritel sehingga membantu memperkuat likuiditasnya di pasar.

Beberapa broker besar mengoleksi saham tersebut, seperti misalnya PT Trimegah Securities yang pada Januari lalu telah menaikkan porsi kepemilikan sahamnya dari 5,7% menjadi 7,3%, atau setara 1,09 miliar saham.

Sepekan lalu, saham emiten pengendali diler New Ratna Motor ini menguat 10,7% atau 9 poin. Perseroan telah menggunakan 100% dana hasil penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO) pada 2017 untuk ekspansi di diler anak usahanya tersebut. 

[Gambas:Video CNBC]


Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
March 01, 2020 at 01:50PM
https://ift.tt/2uDQr34

Ini Deretan Saham yang 'Kebal' dari Risiko Corona Pekan Lalu - CNBC Indonesia
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Deretan Saham yang 'Kebal' dari Risiko Corona Pekan Lalu - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.