Search

Bill Gates: Kalau Virus Corona Mewabah di Afrika Bisa Lebih Parah dari Tiongkok - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Microsoft Bill Gates mengingatkan, jika virus corona mewabah di Afrika, dampaknya bisa lebih parah dibandingkan dari Tiongkok.

Hal ini diucapkan Gates dalam sebuah presentasi di American Association for the Advancement of Science di Seattle, Amerika Serikat.

"Penyakit ini, jika mewabah di Afrika, akibatnya akan lebih dramatis dibandingkan di Tiongkok. Meski kami sebisa mungkin telah meminimalisasi yang terjadi di Tiongkok," kata Bill Gates, dikutip dari Business Insider South Africa, Rabu (26/2/2020).

Gates menambahkan, akankah virus corona bisa mencapai Afrika atau tidak, tetapi jika iya, sistem kesehatan di sana akan kewalahan. Menurut Bill Gates, dampak potensial virus corona di sub Sahara-Afrika, bakal sangat dramatis.

Gates bahkan menambahkan, virus corona bisa berevolusi menjadi pandemik.

Gates juga menyebut, virus corona lebih mengkhawatirkan dari Ebola karena penyebarannya lebih cepat. Meski begitu, tingkat fatalitas dari virus corona Covid-19 ini 2 persen lebih rendah ketimbang Ebola.

2 dari 4 halaman

Ebola

"Jika melihat Ebola, tingginya kematian terjadi karena sistem kesehatan yang ditutup. Kepanikan, kelebihan beban, dan hal-hal yang mempengaruhi petugas kesehatan karena kapasitas yang dimiliki sangat terbatas," katanya.

Bill Gates sendiri terlibat dalam pengentasan virus corona melalui Yayasan Bill and Melinda Gates. Lewat yayasan ini, sebelumnya Bill Gates juga menyumbangkan USD 100 juta sebagai bantuan untuk menangani kasus wabah virus corona di Tiongkok dan Afrika.

Sejauh ini, baru satu kasus virus corona yang terkonfirimasi di Afrika. Meski begitu, masih mungkin ada kasus lain yang tidak dilaporkan.

3 dari 4 halaman

Orang Tiongkok di Afrika

Menurut laporan Quartz, jumlah orang yang bepergian dari Tiongkok ke Afrika atau sebaliknya meningkat tajam dalam beberapa dekade terakhir.

Bahkan, jumlah penerbangan langsung dari Tiongkok ke Afrika melonjak 600 persen beberapa tahun ini.

Pada 2017, lebih dari 200 ribu pekerja Tiongkok bekerja di sektor konstruksi dan proyek lainnya di Afrika. Kelima negara Afrika tujuan terbanyak pekerja Tiongkok adalah Aljazair, Angola, Nigeria, Ethiopia, dan Zambia.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
February 26, 2020 at 10:30AM
https://ift.tt/2TfiPkz

Bill Gates: Kalau Virus Corona Mewabah di Afrika Bisa Lebih Parah dari Tiongkok - Liputan6.com
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bill Gates: Kalau Virus Corona Mewabah di Afrika Bisa Lebih Parah dari Tiongkok - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.