Search

Viral Video Adanya Lendir dari Tubuh yang Diduga Pasien COVID-19 - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video viral beredar di dunia maya menunjukkan adanya lendir berwarna kekuningan yang ditemukan dari tubuh pasien COVID-19. Salah satu orang yang menggunggah video tersebut adalah Brigjen Pol Krishna Murti. Akan tetapi belum diketahui di mana, kapan, penjelasan yang pasti serta kebenaran dari video tersebut.

Namun beberapa waktu lalu, para dokter di Amerika Serikat sempat mengungkapkan hasil autopsi dari seorang pasien positif COVID-19 yang meninggal tanpa sempat mendapatkan pertolongan. Di situ, memang ditemukan adanya lendir dalam paru-paru pasien tersebut.

Hasil dari autopsi tersebut dicatat dan dimuat di American Journal of Clinical Pathology (AJCP). Dokter paru dari Cleveland Clinic Sanjay Mukhopadhyay mengatakan bahwa pasien yang meninggal tersebut berusia 77 tahun dengan gejala virus corona selama enam hari.

Namun, pria tersebut tidak pernah mendatangi dokter, mendapatkan tes COVID-19, dan tidak pernah dirawat.

"Saat dia sampai di rumah sakit, dia sudah mengalami serangan jantung sehingga tidak pernah mendapatkan perawatan ICU atau ventilator," kata Mukhopadhyay seperti dikutip dari Cleveland19 pada Selasa (28/4/2020).

2 dari 5 halaman

Lapisan Lendir Mirip Cat Tebal

Kondisi tersebut memungkinkan dokter melihat apa yang terjadi di paru-paru pasien tersebut sebelum menggunakan ventilator atau mendapatkan perawatan lain.

Dalam catatannya, dokter mengatakan bagian dalam paru-paru pasien ditemukan seperti lapisan lendir mirip cat yang tebal.

"Itulah sebabnya mereka tidak bisa bernapas karena sangat sulit mendapatkan oksigen melalui dinding tebal itu," kata Mukhopadhyay.

Dalam laman ACJP, Mukhopadhyay dan rekan-rekannya mencatat bahwa autopsi tersebut mengungkapkan adanya kerusakan pada diffuse alveolar serta peradangan kronis dan edema di bronchial mucosa.

3 dari 5 halaman

Autopsi Lainnya

Autopsi lain dilakukan pada seorang pria obesitas berusia 42 tahun dengan riwayat myotonic dystrophy dan mengalami nyeri perut disertai demam, sesak napas, dan batuk. Hasil swab nasofaring postmortem menunjukkan dirinya positif SARS-CoV-2.

Hasilnya, dokter menemukan bahwa ia meninggal karena bakteri pneumonia yang telah menjangkitinya sebelumnya, bukan akibat virus corona. Sehingga, tidak ditemukan lapisan mirip cat di paru-parunya.

"Jadi, pasien ini kemungkinan meninggal dengan COVID-19, bukan disebabkan oleh COVID-19."

4 dari 5 halaman

Tantangan Komunitas Medis dalam Perawatan Pasien

Walau begitu dalam hasil studinya, para dokter mencatat tidak ada dalam dua autopsi tersebut yang mengungkapkan adanya inklusi virus, lendir yang menyumbat saluran udara, eosinofil, atau miokarditis.

"Temuan autopsi seperti kerusakan alveolar difus dan peradangan saluran napas mencerminkan patologi terkait virus yang sebenarnya. Temuan lain merupakan proses yang bertumpukan atau tidak terkait," tulis para peneliti dalam kesimpulannya.

Mukhodpadhyay mengatakan dua temuannya menggambarkan tantangan yang dihadapi oleh komunitas medis dalam menentukan penyebab meninggal dunia pada seorang pasien positif virus corona.

Maka dari itu, dia berharap agar ada lebih banyak autopsi dilakukan untuk membantu harapan dalam pengobatan yang lebih tepat untuk pasien COVID-19 saat ini.

5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
April 28, 2020 at 03:19PM
https://ift.tt/2SduTTG

Viral Video Adanya Lendir dari Tubuh yang Diduga Pasien COVID-19 - Liputan6.com
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Video Adanya Lendir dari Tubuh yang Diduga Pasien COVID-19 - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.