Search

Berharap Pertolongan dari Allah SWT, Berikut Tipsnya - detikNews

Jakarta -

Pertolongan Allah SWT menjadi harapan tiap orang dalam berbagai kesempatan. Hanya dengan pertolongan Allah SWT, segala yang baik akan menjadi kenyataan.

Tanpa pertolongan Allah SWT, harapan manusia mustahil bisa menjadi kenyataan. Jika pertolongan Allah SWT sangat penting, bagaimana supaya manusia bisa selalu mendapatkannya tepat waktu termasuk dalam kondisi mendesak?

Dalam kondisi tersebut, tiap manusia bisa belajar dari Al-Qur'an surat Muhammad ayat 7,


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Arab latin: Yā ayyuhallażīna āmanū in tanṣurullāha yanṣurkum wa yuṡabbit aqdāmakum

Artinya: Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

Dalam ayat tersebut Allah SWT menegaskan, pertolongan terkait dengan perbuatan serupa tiap manusia pada agamaNya. Pertolongan Allah SWT berkaitan juga dengan keterikatan manusia pada hukum syariatNya.

Sesuai ayat tersebut, bagaimana setiap manusia bisa menolong agama Allah SWT?

Manusia ternyata tidak perlu repot untuk memberikan pertolongan pada agama Allah SWT. Tiap manusia cukup taat dan berpegang teguh pada ketentuan yang diberikan Allah SWT. Ketaatan ini tak boleh luntur dalam berbagai kesempatan di kehidupan sehari-hari.

Selain taat, tiap manusia juga harus mampu menjauhkan diri dari hawa nafsu. Jika sudah teguh menerapkan aturan dan mengendalikan hawa nafsu, manusia harus yakin pertolongan Allah SWT pasti diberikan. Wajib dipahami, pertolongan Allah SWT akan datang di waktu yang tepat.

Sosok orang-orang teladan di lingkungan sekitar bisa menjadi contoh selalu taat pada aturan Allah SWT. Tindakan yang selalu hati-hati supaya tidak menyimpang dari syariat agama dan menentang hawa nafsu dapat menginspirasi, supaya jangan sampai bertindak tak sesuai ketentuan Allah SWT.

Manusia sejatinya tidak bisa hidup kecuali dengan pertolongan Allah SWT. Pertolongan dari pihak lain tidak bisa diharapkan berdampak positif pada kehidupan manusia, kecuali yang berasal dari Allah SWT.

Pentingnya pertolongan Allah SWT bisa dilihat dalam firmanNya surat Ali 'Imran ayat 126,

وَمَا جَعَلَهُ ٱللَّهُ إِلَّا بُشْرَىٰ لَكُمْ وَلِتَطْمَئِنَّ قُلُوبُكُم بِهِۦ ۗ وَمَا ٱلنَّصْرُ إِلَّا مِنْ عِندِ ٱللَّهِ ٱلْعَزِيزِ ٱلْحَكِيمِ

Arab latin: Wa mā ja'alahullāhu illā busyrā lakum wa litaṭma`inna qulụbukum bih, wa man-naṣru illā min 'indillāhil-'azīzil-ḥakīm

Artinya: Dan Allah tidak menjadikan pemberian bala bantuan itu melainkan sebagai khabar gembira bagi (kemenangan)mu, dan agar tenteram hatimu karenanya. Dan kemenanganmu itu hanyalah dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

(row/erd)

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
April 30, 2020 at 02:13PM
https://ift.tt/35ftcdI

Berharap Pertolongan dari Allah SWT, Berikut Tipsnya - detikNews
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berharap Pertolongan dari Allah SWT, Berikut Tipsnya - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.