Search

Negatif Corona, 11 ABK KM Kelud Dipulangkan dari Pulau Galang - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 11 orang dari total 40 Anak Buah Kapal (ABK) KM Kelud yang menjalani perawatan di Rumah Sakit darurat Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, terkait infeksi Virus Corona (Covid-19) telah dipulangkan pada Selasa (28/4) pagi.

Panglima Komando Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan) Laksamana Madya TNI Yudo Margono menyatakan 11 ABK merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang telah dinyatakan negatif terinfeksi covid-19 berdasarkan hasil kedua dari tes swab.

"ABK ada 40 orang, jam 09.00 WIB tadi 11 diantaranya pulang, mereka sebelumnya telah menjalani isolasi atau karantina selama 14 hari dan dua kali tes swab, hasil negatif," kata Yudo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (28/4).

Kemudian, 29 ABK lainnya masih dirawat di ruang isolasi dan observasi RS Pulau Galang karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium keluar.

"Mereka (29 ABK) masih ada yang OTG, ada yang positif," imbuhnya.

RS khusus penanganan penyakit menular di Pulau Galang, Kepulauan Riau. ANTARA FOTO/M N Kanwa/foc.RS khusus penanganan penyakit menular di Pulau Galang, Kepulauan Riau. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)
Sebelumnya, 40 ABK yang bekerja di kapal milik perusahaan berpelat merah PT. Pelni (persero) dinyatakan reaktif covid-19. Mereka tiba di Pelabuhan Batuampar, Batam pada Minggu (12/4), dan kemudian menjalani masa karantina di RS Pulau Galang.

Sementara itu, 11 orang yang telah dipulangkan akan menjalani masa isolasi mandiri di rumah masing-masing selama minimal masa terlama inkubasi virus covid-19, yakni 14 hari. Kendati demikian, Yudo menegaskan ABK yang telah pulang akan terus dipantau terkait perkembangan kesehatannya.

"Dipulangkan sesuai protokol pemerintah daerah setempat. Mereka sampai di Batam kan akan ditanggung Perusahaan PT. Pelni, untuk ke tempat masing-masing," jelasnya.

Hingga Selasa (28/4), RS Pulau Galang masih merawat pasien positif Covid-19 yang terdiri dari 29 ABK dan tiga orang anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

"Ada tiga anggota Polri yang positif, mereka rujukan dari RS Polri," kata Yudo.

Selain itu, hingga saat ini 151 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari TNI/Polri, Kementerian Kesehatan dan relawan telah dikerahkan untuk menangani pasien ringan hingga sedang di RS Pulau Galang.

(khr/arh)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
April 28, 2020 at 01:42PM
https://ift.tt/2SdXRTw

Negatif Corona, 11 ABK KM Kelud Dipulangkan dari Pulau Galang - CNN Indonesia
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Negatif Corona, 11 ABK KM Kelud Dipulangkan dari Pulau Galang - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.