Search

Perusahaan Migas Kanada Cabut dari Jambi Karena Sumur Kering - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan operator Pant Orient Energy Corp meninggalkan pengelolaan Blok East Jabung di Jambi karena tidak menemukan sumber di sumur minyak yang sudah dibor. Alhasil, perusahaan migas asal Kanada itu memilih cabut dari blok tersebut. 

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman menjelaskan kontrak komitmen kerja sama pengelolaan Blok East Jabung antara BP Migas dan Pan Orient ditandatangani sejak 21 November 2011. Kerja sama itu membuahkan komitmen pasti berupa studi G&> pada tahun pertama, kedua, dan ketiga pengelolaan blok migas. 

Lalu, komitmen reprocessing seismik 2D mencapai 200 kilometer (km) pada tahun pertama dan akuisisi seismik 2D dan processing seluas 250 km pada tahun kedua. Kemudian, akan melakukan pengeboran dua sumur eksplorasi pada tahun pertama dan ketiga. 


"Potensinya waktu itu cukup besar untuk minyak dan ada split pembagian untuk pemerintah," ucap Fatar dalam rapat virtual dengan Komisi VII DPR, Selasa (28/4).  Dalam perjalanannya, Fatar mencatat bahwa Pan Orient telah memenuhi beberapa komitmen pasti, meski harus molor dari rencana awal. Tercatat, reprocessing seismik dilakukan pada 2012 dan 2013, serta pengeboran dua sumur pada 2017. 

Kemudian, pada 2019, sambungnya, tercatat sudah ada pengeboran satu sumur eksplorasi dengan harapan berkapasitas mencapai 100 juta barel. Kala itu, pengerjaan dilakukan Repsol yang menjadi rekan Pan Orient menggantikan Talisman East Jabung JV, operator awal. 

"Ternyata setelah ditemukan sumur Anggun-1 ini dry (kering), jadi tidak ada lagi komitmen pasti yang harus diselesaikan dan kewajiban operasional," ungkapnya. 

Hal ini membuat Repsol dan Pan Orient sepakat menarik diri dari pengelolaan Blok East Jabung pada Maret 2020. Sementara berdasarkan komitmen pasti, seharusnya kerja sama keduanya berakhir pada 2021 atau tahun ke-8. 

"Kami sudah diskusi, katanya tidak akan diteruskan karena satu sumur biayanya US$1 juta dan sejauh ini belum ada pembahasan lagi dan usulan dari KKKS untuk kelanjutan komitmen pasti mereka soal komitmen pasti di tahun ke-8," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

(uli/age)

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
April 28, 2020 at 07:27PM
https://ift.tt/2YdPsmP

Perusahaan Migas Kanada Cabut dari Jambi Karena Sumur Kering - CNN Indonesia
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perusahaan Migas Kanada Cabut dari Jambi Karena Sumur Kering - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.