Search

Alur Penjemputan WNI dari Wuhan - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah menyatakan siap menjemput ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) dari provinsi Hubei, China. Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri Indonesia, total jumlah WNI yang akan dievakuasi berjumlah 245 orang. Dari 245 orang tersebut, 100 orang diantaranya berada di Wuhan, provinsi Hubei.

Hingga, Jumat (31/1) pukul 19.08 WIB, belum ada keterangan resmi tentang kepastian lokasi karantina WNI usai mendarat di Indonesia.

Kementerian Kesehatan hanya menyatakan, WNI dari Wuhan akan dikarantina selama 14 hari.


"Belum tahu dimana (lokasinya), yang jelas bukan di rumah sakit. Masa karantina 14 hari, Pak menteri bilang sudah clear 14 hari. 2 kali masa inkubasi," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Wiendra Waworuntu, Jumat (31/1).
Berdasarkan informasi yang diperoleh CNNIndonesia.com, ratusan WNI tersebut akan tiba di Indonesia, sekitar Sabtu (1/2) malam atau Minggu (2/2) dini hari.

Pesawat yang digunakan untuk menjemput merupakan pesawat charter milik Batik Air jenis A330. Surat permohonan izin prinsip charter flight beredar di kalangan wartawan. Surat itu dilayangkan oleh manajemen Batik Air ke Dirjen Perhubungan Udara.

Alur Penjemputan WNI dari WuhanFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian

Dalam surat bernomor 007/DZ-ID/EXT/I/2020 yang ditandatangani oleh Dirut Batik Air Achmad Luthfie itu Batik Air meminta izin prinsip ke Kemenhub pesawat Batik Air nomor penerbangan ID 8618 dan 8619.

[Gambas:Video CNN]

Rencananya pesawat akan terbang pada Sabtu (1/2) pukul 06.00 WIB dari bandara Soekarno-Hatta. Pesawat akan kembali ke Indonesia dan Mendarat di Batam, Kepulauan Riau.

Belum ada keterangan resmi dari Kementerian Perhubungan tentang informasi itu. CNNIndonesia.com sudah menghubungi Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto namun panggilan telepon tak dijawab. Manajemen Batik Air juga enggan berkomentar tentang surat tersebut.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers hanya mengatakan pesawat yang akan digunakan menjemput WNI, pesawat berbadan besar.

"Pesawat yang akan digunakan adalah pesawat berbadan lebar agar semua WNI yang bersedia dievakuasi dapat diterbangkan langsung tanpa melalui transit," kata Retno dalam konferensi pers di Jakarta.

Kata Retno, tim advance dari KBRI Beijing telah masuk ke Provinsi Hubei untuk berkoordinasi dengan otoritas setempat.

Hingga, Jumat (31/1) Malam, sejumlah menteri juga dikabarkan telah berangkat menuju Batam, Kepulauan riau untuk mempersiapkan karantina WNI dari Wuhan. Belum ada pernyataan resmi tentang pendaratan pesawat pembawa WNI ini ke Batam.

Mengutip Antara, Kementerian Kesehatan hanya menyebutkan pesawat yang terbang ke Wuhan untuk menjemput WNI akan diisi oleh delapan orang petugas pengamanan dari TNI AU, dan lima orang tenaga kesehatan yang terdiri dari perawat, dokter umum, dokter spesialis paru, dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dan dokter spesialis kesehatan jiwa.

WNI yang akan dipulangkan dari Wuhan akan dilakukan pengecekan kesehatan sebelum keluar dari negara China. Selama penerbangan tersebut kesehatan WNI terus dipantau oleh petugas kesehatan.

Kemenkes menyiagakan rumah sakit rujukan khusus untuk penyakit infeksi baru di Jakarta yaitu RSUP Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso, dan RSPAD Gatot Subroto. Rumah sakit tersebut dipersiapkan apabila ada WNI yang mengalami sakit setelah dari China.

RSPI Sulianti Saroso menyebut telah menyiagakan 11 ruangan isolasi yang ketat untuk masing-masing satu pasien, dan 150 petugas terkait proses isolasi.

(ugo/ugo)

Let's block ads! (Why?)



"dari" - Google Berita
January 31, 2020 at 07:49PM
https://ift.tt/36NfLke

Alur Penjemputan WNI dari Wuhan - CNN Indonesia
"dari" - Google Berita
https://ift.tt/2rCl872
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alur Penjemputan WNI dari Wuhan - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.